MENU

Jumat, 12 Agustus 2022

Tentang Mitos dan Fakta Saraf Kejepit di RS Premier Bintaro

Tentang Mitos atau Fakta Saraf Kejepit di RS Premier Bintaro
Hai semua semoga selalu sehat-sehat ya.. Nah kalau bicara soal rumah sakit yang seperti kita memilih rumah sakit yang pelayanannya nyaman dan letaknya juga strategis bisa dicapai dari. Nah tanggal 14 Agustus 202 kemarin, saya berkesempatan mengunjungi RS Premier Bintaro. Di Acara Gathering Blogger dan Vlogger. Selain bisa menyaksikan bagaimana nyamannya RS Premier BIntaro juga mendapatkan wawasan tentang Mitos dan Fakta Saraf Kejepit, dari salah satu dokter Orthopedi yaitu dr Omar Luthfi Sp. PL (K-Tulang Belakang)

mitas dan fakta saraf kejepit di rs premier bintaro

RS. Premier Bintaro memiliki 5 layanan unggulan yaitu, Spine Center, Stroke Center, Sport Clinic, Skin & Laser Clinic dan Vascular Center. Dan Rumah sakit ini merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Group, grup rumah sakit swasta yang memiliki lebih dari 100 rumah sakit dan fasilitas di Australia, Inggris, Prancis, Malaysia, dan Indonesia.

Memiliki filosofi, “People Caring for People”, artinya mencerminkan peningkatan kualitas berkelanjutan, tanggung jawab untuk memberikan layanan berstandar internasional, untuk mengembangkan sumber daya manusia secara konsisten.

Beberapa Layanan di RS Premier Bintaro

Sebelum mengikuti acara Health talk tentang Mitos & Fakta Saraf Kejepit sebelumnya kita diajak untuk Hospital Tour dulu nih, pertama mengunjungi kamar pasien.

Saat ini Rumah Sakit Premier Bintaro memiliki 205 tempat tidur untuk kamar rawat inap. RS Premier Bintaro juga menjamin jika fasilitas kamar perawatan dapat memberikan kenyamanan yang sesuai dengan harapan psikologis juga mendorong untuk mempercepat proses penyembuhan. Ada tujuh jenis kamar rawat inap di RS Premier Bintaro. Ketujuh jenis kamar rawat inap tersebut memiliki perbedaan fasilitas.

premier room di rs premier bintaro
Premier Room

Kamar Tipe Suite dan Premier
Kami mengunjungi Suite dan Premier Room yang ada di Lt 3. kagum banget dengan ruangan yang ada di premier room, ruangan ini biasanya untuk ibu yang lahir fasilitas yang tersedia antara lain: 1 tempat tidur listrik dengan pantry, ruang makan, ketel listrik, 2 televisi , overbed table, lemari, kulkas, koran, 2 sofa, kamar mandi di dalam, welcome drink dan koran setiap pagi.

Sedangkan Untuk Kamar Suite. Fasilitas yang membedakan dengan kamar premier adalah jumlah sofa yang tidak ada pantry dan sofa yang tersedia hanya satu. Dan katanya nih, untuk permalam di Premier Room ini sekitar Rp 3.150.000 per malamnya.

Pojok Ngopi
Kemudian lanjut ke tempat-tempat yang biasanya diadakan Podcast atau untuk foto-foto namanya Pojok Ngopi, keren sih baru banget berkunjung ke Rumah Sakit yang ada ruangan seperti ini.

roof garden di rs premier bintao
Roof Garden

Roof Garden
Nah yang lebih kerennya lagi RS Premier Bintaro memiliki Roof Garden , Roof garden ini merupakan area yang ada di lantai 3 khusus untuk pasien yang ingin memperbaiki udara segar. Selain itu juga terdapat pojok dahak yang menarik untuk pengambilan dahak pasien.

Stroke Center
Layanan unggulan lainnya adalah stroke center yang mulai beroperasi di di bulan januari 2022. Layanan unggulan Stroke Center Rumah Sakit Premier Bintaro dibentuk untuk memberikan penanganan stroke secara terpadu mulai dari tahap pencegahan (preventif), pengobatan (kuratif), dan pemulihan (rehabilitatif) bagi pasien stroke dan masyarakat.

dr omar di rs premier bintaro
 dr Omar Luthfi Sp. PL (K-Tulang Belakang)

Mitos dan Fakta Saraf Kejepit

Setelah Hospital Tour tiba nih untuk mengikuti heath Talk bersama dr Omar. Selama Saraf kejepit ini merupakan angka tertinggi kedua keluhan ke dokter dan ketiga di dunia yang harus serius ditangani.

Tulang Belakang dan Saraf Tulang Belakang,
Tulang belakang ini ada 33 totalnya mulai dari leher sampai ke ujung tulang ekor dan tidak lepas dengan Saraf Tulang Belakang karena di belakang ada ruangan untuk saraf kelanjutan dari otak kita, turun sampai kebawah yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda, seperti:
  • Fungsi motorik (penggerak) mengalirkan listrik dari otak dialirkan ke saraf tulang belakang sampai ke tangan dan kaki sehingga bisa memberikan perintah untuk bisa bergerak.
  • Fungsi sensorik (perasa) bisa merasakan sentuhan, rasa panas, getaran dsbnya. Nah,, kalau ada yg terganggu bisa menimbulkan kebas atau kesemutan dan Fungsi otonom (organ internal) adalah fungsi yang mengatur organ seperti organ pencernaan, fungsi untuk buang air besar (BAB) maupun buang air kecil (BAK).
Nah sekarang tentang mitos dan fakta tentang saraf kejepit yang sering rancu ya,

1. Nyeri Punggung Bawah ( Sakit Pinggang ) sama dengan Saraf Kejepit - Mitos atau Fakta

Jawabannya  Mitos.

Ternyata beda struktur tulang belakang ada tulang, ada sendi (bantalan) dan juga ada sarafnya masing-masing itu jika terganggu bisa menimbulkan nyeri. Dan tidak selalu saraf kejepit bisa saja cedera bantalan, atau cedera tulangnya atau bisa juga cedera disendinya itu semua bisa menyebabkan rasa nyeri pada punggung bawah jadi tidak selalu saraf kejepit.

Nah sedangkan Gejala Saraf kejepit
  • Nyeri yang menjalar hingga ke tungkai bawah.
  • Kesemutan dan mati rasa (baal)
  • Kelemahan gerakan tungkai
  • Gangguan rangsang (BAB) dan (BAK)
2. Saraf Kejepit dapat Menyebabkan Kelumpuhan - Mitos atau Fakta

Jawabannya Fakta

Saraf tulang belakang kalau terjadi cedera pada sarafnya bisa menyebabkan, kelemahan anggota gerak atau sampai kelumpuhan tergantung dimana cederanya bisa karena benturan infeksi, tumor atau proses penuan. Misalkan terjadi di leher maka semua akan ada gangguan baik itu gerakan maupun rasa.

3, Metode Urut dan Kretek-kretek bisa meringankan nyeri punggung bawah - Mitos atau Fakta

Jawabannya Fakta

Ada tapinya,,,, Sakit punggung bawah tidak sama dengan saraf kejepit, nah jadi mana sih yang boleh diurut atau dikretek. Dan siapa yang boleh mengurut, itu semua harus jelas harus kita tahu dengan jelas. Jadi tidak semuanya. Tidak semua nyeri punggung bawah boleh dilakukan pemijatan bahkan ada yang dapat menyebabkan cedera lebih serius

Penyebab Nyeri punggung bawah, misalkan

Masalah otot (kelelahan otot misalkan kelelahan habis kerja, duduk lama di depan komputer, nyerinya hanya beberapa saat), Nah kalau kretek-kretek itu sebenarnya adalah Tulang belakang itu beruas-ruas dan tiap ruas itu ada sendinya sebenarnya kretek ketika berdiam pada satu sisi ada rongga yang berbentuk buble , nah ketika dilakukan kretek oleh seorang ahli maka buble itu akan pecah jadi bisa menimbulkan bunyi. Hanya saja punggun kita kan banyak sendinya jadi ketika di kretek bunyinya akan keras. Jadi ketika dilakukan kretek sendinya normal lagi jadi akan menimbulkan rasa rileks.

Jadi kalau kretek itu bisa dilakukan jika masalahnya ringan, masalah otot saja tapi bukan untuk masalah yang serius ya.. Nanti malah akan menjadi berat.

Maka kita harus tahu dulu yang sakit itu apa sih,,, karena tidak semua nyeri punggung itu saraf kejepit atau sebaliknya maka yang lebih penting itu periksa atau konsultasi ke dokter dulu.

Cedera otot, cedera ligamen), biasanya terjadi yang sering main bola seperti atlet

Cedera bantalan tulang belakang dan Jepitan saraf tulang belakang. Nah ini yang tidak boleh diurut atau di kretek

Fraktur dan Osteoporosis biasanya terjadi pada usia lanjut karena tulang belakang keropos harus ditangani

4. Saraf Kejepit harus dioperasi - Mitos atau Fakta

Jawaban Mitos

Ada penanganan awal untuk saraf kejepit seperti harus bedrest, maksimal 2 hari, analgetik yaitu obat penghilang nyeri seperti paracetamol, penggunaan alat bantu (korset), perubahan gaya hidup dengan menjaga berat badan ideal dengan melakukan olahraga renang atau yoga.

Manajemen Nyeri Intervensif adalah tehnik untuk memberi obat atau melakukan tindakan minimalis pada tempat sumber penyakit misalnya metode dengan menggunakan suntikan, tanpa pembiusan, tanpa rawat inap, RFA Spine ini seperti jarum akupuntur yg kecil kita masukan ke punggung menggunakan alat


Apabila gagal terapi konservatif/atau penanganan awal (nyeri menetap sampai 6 minggu), terjadi kelemahan anggota gerak, terdapat instabilitas atau gangguan bentuk tulang belakang, berpotensi menyebabkan kelumpuhan.

5. Operasi tulang belakang beresiko tinggi kelumpuhan - Mitos atau Fakta

Jawabannya Mitos

Resiko kelumpuhan pasca operasi tulang belakang secara umum hanya 0,2% . dan penelitian ini sudah 10 tahun dilakukan. Karena operasi tulang belakang saat ini aman karena ada peralatan yang semakin canggih, ilmu pengetahuan semakin maju dan keterampilan dokter semakin tinggi juga.

operasi saraf kejepit di rs premier bintaro
Tindakan Operasi di RS Premier Bintaro

Seperti di RS Premier Bintaro ini salah satunya Tindakan Endoskopi dimana endoskopi sangat minimal operasi merusak jaringan, menggunakan 2 akses satunya lensa satunya akses untuk tindakan jadi tidak membuka sayatan tulang belakang. Nanti benjolannya itu ditarik. Dan ini hanya 1 hari boleh pulang dan apabila pembiusannya sudah habis 4 - 6 jam, pasien bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

Dan nanti ada tindakan terbaru yang sedang dikembangkan yaitu The Next Advanced Technologi tindakan ini menggunakan Robotic Spine Surgery mudah-mudahan alatnya bisa cepat datang ke RS Premier Bintaro. Jika misalkan operasi tulang belakang harus dipasang pen, nah ini adalah tools, alat yang akan meningkat keamanan dalam melakukan tindakan operasi karena akuisisinya bisa lebih tepat dan cepat karena ada monitornya juga,

Nah itulah mitos dan fakta kejepit dari RS Premier Bintaro yang harus kita ketahui. Semoga bermanfaat ya, jaga pola hidup sehat, olahraga teratur, istirahat yang cukup dan hindari stres.


suti🙂

1 komentar :

Terimakasih sudah berkunjung mudah-mudahan bermanfaat ya

Tentang Mitos dan Fakta Saraf Kejepit di RS Premier Bintaro

Tentang Mitos atau Fakta Saraf Kejepit di RS Premier Bintaro Hai semua semoga selalu sehat-sehat ya.. Nah kalau bicara soal rumah sakit yang...