MENU

Minggu, 07 Januari 2018

Kuliner : Kupat Tahu Cilimus




Kupat tahu sebenarnya kata dari ketupat tahu tetapi orang-orang lebih senang dengan menyebut “Kupat Tahu”,,,, Nah,,, kupat tahu di Pasar Cilimus ini menjadi ciri khas kuliner khas daerah sekitarnya.

Kupat tahu ini yang jadi pembeda dengan yang lainnya yaitu bumbu kacangnya yang khas , Mang ii  yang nama lengkapnya I’i Syafei, ini berjualan sejak tahun 1986, ini resep turun temurun dari ayahnya dulu katanya, walaupun bermunculan kedai kupat tahu di sekitar pasar Cilimus tetapi pasti beda rasanya, coba aja neng beli yang di depan sana ( red depan pasar) pasti beda.

Bumbu kacangnya ini kaya rempah dari cabei, kemiri, bawang merah, bawang putih dan asam, di ulek tidak terlalu lembut jadi ketika makan ada terasa kacangnya.

Sedangkan ketupatnya dimasak di pawon/hawu yang menggunakan kayu bakar nah pada proses perebusannya di beri merang padi sehingga warnanya agak coklat dan  memliliki rasa yang beda lebih gurih dan legit. Dan campuran tahunya yaitu tahu khas Kuningan yang di goreng setengah matang.

kedai kupat tahu mang ii

Sajian yang sederhana berupa belahan ketupat kemudian tahu yang baru di goreng terus di siram dengan bumbu kacang dan taburan bawang goreng serta kecap manis. Walaupun sederhana tetapi soal rasa di jamin enak.dan rasa ini tidak pernah berubah sampai sekarang, dulu waktu saya Sekolah Dasar kalau diajak ke pasar selalu sarapan terlebih dulu di sini sebelum berbelanja.

Tetapi kadang ada yang pesan hanya tahunya saja yang lebih dikenal kata mang ii dengan hucap (tahu kecap), itu adik bungsu saya kalau pesan tidak pernah memakai ketupat hanya potongan tahu, di beri bumbu kacang kemudian ditaburi bawang goreng dan kecap manis

tampak depan pasar Cilimus

Nah,,, bagi sahabat yang penasaran dengan kuliner “Kupat Tahu” ini wajib coba coba deh rasakan sensasi bumbu kacang dangan legitnya kupat, pasti bakalan bikin nambah, oh iya,,, satu porsi kupat tahu ini harganya Rp 12.000,- nah kalau setengah porsi di bandrol Rp 8.000,-

Alamat lengkap Pasar Cilimus ini ada di jln Raya Cilimus Kuningan Jawa Barat tepat di depan -alun Taman Cilimus dan Masjid Agung Cilimus.




2 komentar :

  1. Saya punya pengalaman niat makan kupat tahu gagal berkali-kali. Katanya kalau dituliskan bisa terwujud ya, hehehe. Saya mau deh nanti ada yang traktir makan kupat tahu

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung mudah-mudahan bermanfaat ya

Smoothie Kiwi

Assalamualaikum Kali ini saya akan membuat Smoothie Kiwi caranya sama halnya dengan smoothie alpukat , Buah ini memiliki bentuk y...