MENU

Kamis, 11 Januari 2018

Kuliner : Bakso Mas Dino Cinere




Yang penggemar Bakso cung,,,,,, nah ada satu tempat nih rekemended banget, dang ngga pernah bosen untuk mampir. Nama kedainya “Bakso Mas Dino” yang berlokasi di jl Cinere Raya, bakso ini berdiri dari tahun 1987, dan hanya 1 cabang saja, hanya di Cinere

Sajian baksonya macam-macam ada bakso keju, bakso telur, bakso ayam cincang, bakso daging cincang, bakso rawit dan bakso kecil, semuanya enak hehe…

Pertama kali kesini diajak teman dari Hijabers Mom Community, Mba Virke,, eh lama-lama kelamaan jadi langgangan keluarga kalau mau ke rumah nenek di kebon jeruk pasti mampir kesini.

bakso mas dino
Bakso yang buka dari pukul 12 siang ini ramai banget pengunjungnya bahkan pernah saya ngga kebagian kursi harus nunggu yang selesai makan, dan kalau pukul 20;00 pasti sudah habis.

Harga 1 mangkok Baksonya murah meriah hanya Rp 12.000,- dan kalau mau tambah bakso kita tinggal pilih pada kertas pesanan.

Ketika ditanya kenapa ngga mau buka cabang?, saya kepingin Bakso Mas Dino hanya di Cinera mba dan menjadi ciri khas daerah Cinere begitu katanya. “tetapi ngga tahu nanti!” katanya lagi sambil menyediakan bakso pesanan kita berdua.




Nah bagi pengemar Bakso wajib coba Bakso Mas Dino di Jln  Cinera Raya ini, kalau dari arah parung adanya di sebelah kiri sebelum pom bensin Cinere dan Masjid Agung Cinere. Coba deh beneran nagih dan pasti akan jadi langganan, karena rasanya memang enak.

Senin, 08 Januari 2018

Kuliner : Empal Gentong Mang Darma Cirebon




Empal Gentong Cirebon, makan khas kota Cirebon semakin terkenal dan banyak dijumpai di semua sudut kota Cirebon,, namun ada satu jadi langganan saya semenjak kecil bertepat di dekat stasiun Cirebon, sebelum parkiran stasiun Cirebon ini di rubah Empal Gentong Mang Darma ini jadi satu didalam parkiran nah,,,, sekarang kedainya pindah di depan stasiun Cirebon.

Kedai Mang Darma sekarang lebih luas, kedainyapun sederhana. Tetapa rasa empal gentongnya tidak berubah tetap enak dan nikmat. Empal Gentong ini sama dengan istilahnya gulai, hanya saja masaknya di dalam gentong dengan bumbu yang khas dan memasaknya pun menggunakakan kayu pilihan yaitu kayu dari pohon asam  konon katanya untuk menciptakan rasa dan tingkat keempukan daging dan gentong dari tanah liatny itu juga memberikan rasa sedap yang tiada tara.


Daging yang digunakan adalah campuran usus, babat dan daging sapi. Sejarah empal gentong ini sendiri pertama kali berasal dari desa Battembat kecamatan Tengah Tani Cirebon





Nah yang membedakan Empal Gentong Mang Darma dengan yang lainnya, kalau Mang Darma dagingnya diambil dari dalam gentongnya sehingga kondisi panas bumbunya masih fres dan meresap kedaging sedangkan kedai empal gentong yang lainnya karena alasan efisiensi  dagingnya sudah disiapkan terpisah  baru disiramkan kuah. Itu menurut saya yang membedakan rasa  kedai Mang Darma dengan yang lainnya. Lebih gurih dan rasanya pun tidak berubah sampai sekarang..

Seporsi Empal Gentong atau Empal Asem harganya Rp 20.000. utuk menetralisir lemak biasanya disajikan dengan daun kucai dan ditaburi dengan bubuk cabe kering, biasanya dimakan dengan lontong atau nasi. Ada juga sate kambing dengan 10 tusuk harganya Rp 30.000.

stasiun cirebon

Akan tetapi semuanya punya pilihan empal Gentong Mang Darma memang legendaris di Kota Cirebon ini, kalau di depan stasiun dilanjutkan putranya yaitu Empal Gentong Putra Mang Darma ,, Nah kalau mau ke kedai Mang Darmanya sendiri ada di Krucuk samping Bang BTN tinggal naik angkot D05 dari depan stasiun dan pesan sama supirnya pasti diantar pas depan kedainya.

Bagi sahabat yang mau berkunjung ke Cirebon jangan lupa kuliner satu ini, kalau naik kereta api bisa ini di jadikan oleh-oleh untuk orang rumah, karena kalau naik kerata api cuma 3 jam dari Cirebon ke Jakarta, bisa dihangatkan sampai rumah







Minggu, 07 Januari 2018

Kuliner : Kupat Tahu Cilimus




Kupat tahu sebenarnya kata dari ketupat tahu tetapi orang-orang lebih senang dengan menyebut “Kupat Tahu”,,,, Nah,,, kupat tahu di Pasar Cilimus ini menjadi ciri khas kuliner khas daerah sekitarnya.

Kupat tahu ini yang jadi pembeda dengan yang lainnya yaitu bumbu kacangnya yang khas , Mang ii  yang nama lengkapnya I’i Syafei, ini berjualan sejak tahun 1986, ini resep turun temurun dari ayahnya dulu katanya, walaupun bermunculan kedai kupat tahu di sekitar pasar Cilimus tetapi pasti beda rasanya, coba aja neng beli yang di depan sana ( red depan pasar) pasti beda.

Bumbu kacangnya ini kaya rempah dari cabei, kemiri, bawang merah, bawang putih dan asam, di ulek tidak terlalu lembut jadi ketika makan ada terasa kacangnya.

Sedangkan ketupatnya dimasak di pawon/hawu yang menggunakan kayu bakar nah pada proses perebusannya di beri merang padi sehingga warnanya agak coklat dan  memliliki rasa yang beda lebih gurih dan legit. Dan campuran tahunya yaitu tahu khas Kuningan yang di goreng setengah matang.

kedai kupat tahu mang ii

Sajian yang sederhana berupa belahan ketupat kemudian tahu yang baru di goreng terus di siram dengan bumbu kacang dan taburan bawang goreng serta kecap manis. Walaupun sederhana tetapi soal rasa di jamin enak.dan rasa ini tidak pernah berubah sampai sekarang, dulu waktu saya Sekolah Dasar kalau diajak ke pasar selalu sarapan terlebih dulu di sini sebelum berbelanja.

Tetapi kadang ada yang pesan hanya tahunya saja yang lebih dikenal kata mang ii dengan hucap (tahu kecap), itu adik bungsu saya kalau pesan tidak pernah memakai ketupat hanya potongan tahu, di beri bumbu kacang kemudian ditaburi bawang goreng dan kecap manis

tampak depan pasar Cilimus

Nah,,, bagi sahabat yang penasaran dengan kuliner “Kupat Tahu” ini wajib coba coba deh rasakan sensasi bumbu kacang dangan legitnya kupat, pasti bakalan bikin nambah, oh iya,,, satu porsi kupat tahu ini harganya Rp 12.000,- nah kalau setengah porsi di bandrol Rp 8.000,-

Alamat lengkap Pasar Cilimus ini ada di jln Raya Cilimus Kuningan Jawa Barat tepat di depan -alun Taman Cilimus dan Masjid Agung Cilimus.




Smoothie Kiwi

Assalamualaikum Kali ini saya akan membuat Smoothie Kiwi caranya sama halnya dengan smoothie alpukat , Buah ini memiliki bentuk y...