MENU

Jumat, 29 Desember 2017

Resep Udang Sambal Matah




Assamualaikum,,, siapa yang suka udang? seafood satu ini memang enak dibuat apa aja ya. Nah,,, kali ini saya akan tulis resep Udang Sambal Matah,, ternyata enak banget, gurihnya udang di campur sambal matah yang katanya asli dari Aceh ini bikin melek mata.

Manfaat udang pernah saya share ya, di resep balao udang kentang, terus terang biarpun saya suka masak tapi paling mles kalao ngulek, makanya cari lauh untuk keluarga yang praktis aja, sehat terus anak-anak suka suka.

Siapkan bahan-bahannya yuk..

Bahan dasarnya :

Udang 150 gram cuci bersih goreng hingga berubah warna

Bumbunya

Cabei merah 5 buah
Cabei rawit merah 7 buah
Bawang merah 5 siung
Terasi bakar1/4 ruas jari
Tomat  1 buah
1 batang sereh
Jeruk lemon 1 buah ( bisa juga jeruk limo 4 Buah)

Cara memasak

Sisihkan udang yang sudah di goreng,

Iris halus semua bumbu, setelah selesah taro di mangkuk  tambahkan garam, gula, tambahkan 1 sdm minyak sayur panas bekas menggoreng udang beri perasan jeruk lemon, setelah dirasa cukup kemudian tuang sambal ke atas udang. Hidangkan dengan nasi hangat.

udang sambal matah

Oh iya sambal matah ini cocok juga untuk ayam goreng, ataupun ayam bakar juga ikan mas goreng, coba deh kreasikan kebetulan saya sudah mencobanya dan rasanya memang membuat kita nambah nasi beberapa kali.

Semoga bermanfaat ya dan jadi tambahan menu sehari-hari menu dirumah.





Kamis, 28 Desember 2017

Resep Pepes Ikan Mas



Pepes Ikan Mas, satu lagi masakan yang jadi menu tiap minggunya di rumah saya, karena selain buatnya mudah orang di rumah juga suka banget.

Pepen Ikan Mas ini asli dari Jawa Barat ya, yang terkanal dengan segala jenis resep pepesnya. Manfaat ikan mas sudah saya share di resep pecak ikan mas, sekarang kita langsung buat aja nih.

Bahan-bahannya

Ikan Mas 250gr bersihkan kerat bagian tengahnya
Daun pisang untuk membungkus
Daun kemangi 50 gr

Bumbunya

Cabei merah 8 buah
Cabei rawit merah 10 buah utuh
Bawang merah 6 siung
Kamiri 4 buah
Jahe 1 ruas jari
Kunyit 1 ruas jri
Lengkoas 1 ruas jari
Sereh 1 batang
Garam secukupnya
Gula putih secukupnya

Cara membuatnya

Ulek/belender semua bumbu hingga halus jangan lupa tambahkan garam, gula. Campur bumbu dengan daun kemangi dan cabe rawit utuh. Setelah itu ambil daun pisang yang telah dijemur, taro bumbu di bagian bawah kemudian letak ikan taro lagi bumbu diatasnya. Bungkus daun sematkan dengan lidi.

Kemudin pepes dengan wajan Teflon yang ditutup angkat jika daun sudah berubah warna. Sajikan dengan nasi hangat.

pepes ikan mas

Semoga bermanfaat ya dan jadi menu tambahan sehari-hari dirumah. jangan lupa follow instagran @utie.essen dan @teeadnu terima kasih






Resep Tumis Cumi Tinta Hitam



Tumis Cumi Tinta Hitam, kalau melihat penampilan dari masakan ini agak gimana gitu, padahal makanan ini enak luar bisa, anak-anak saya suka banget, makanya mau bagi resepnya mudah banget kok.

Cumi adalah salah satu makan laut , katanya sih mengandung kolesterol dalam  yang jumlah lebih banyak dari ikan laut sejenisnya. Yang penting jangan berlebihan itu saja sih kuncinya, ternyata banyak banget manfaat dari cumi ini apalagi tinta hitamnya. Warna hitam tintanya sesungguhnya disebabkan oleh adanya senyawa melanin dengan konsentrasi sangat tinggi dan zat besi. Melanin sendiri merupakan polimer kompleks yang tersusun atas asam amino tirosin, salah satu asam amino yang berfungsi untuk mengaktifkan enzim-enzim tubuhkita. Asam amino tirosin antara lain berperan untuk pembentukan hormon dopamine dan adrenalin, dua macam hormon yang memberikan efek positif bagi hidup kita.

Makanya kalau beli cumi jangan buang tintanya yuks masak dengan resep ini saja selain guruh banyak manfaatnyakan tinta hitam cumi dapat membantu melawan sel kanker. Karena bersifat anti-angiogenic yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel tumor. Termasuk mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru yang menyebabkan tumor dan sel kanker baru.

Yups kita mulai Masak Tumis Cumi Tinta Hitam

Bahan-bahanya

Cumi segar 250gr cuci bersih yang di buang cukup lapisan tipis tulang bagian atas di Tarik dari kepalanya. Kemudian iris sesuai selera

Bumbunya

Cabei merah 6 buah
Cabei rawit merah 4 buah
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Jahe ½ ruas jari di geprek
Daun salam
Garam secukupnya
Gula putih secukupnya

Cara membuatnya

Iris tipis semua bumbu kemudian tumis dengan minyak sayur 2 sdm, setelah harum masukkan cumi, garam, gula, jahe dan daun salam aduk-aduk sebentar. Biasanya akan mengeluarkan air jika terasa kurang tambahkan air sedikit saja , tunggu hingga meletup kemudian matikan kompor.

tumis cumi tinta hitam


Mudah bangetkan praktis tinggal iris saja, semoga bermanfaat ya dan jadi tambahan menu sehari-hari dirumah,
Jangan lupa follow Instagram @utie.essen dan @teeadnu terimakasih


Resep Pecak Ikan Mas



Pecak ikan mas siapa yang ngga suka makanan khas Betawi ini?, awal mula tahu resep ini jug karena mamah mertua ketika berkunjung, kemudian disuguhkan makanan yang menurut saya super lezat, gurih dari ikan mas serta perpaduan bumbu pedas, segarnya jadi satu dilidah.

Memakan ini jadi lupa berapa kali piring terisi nasi untuk menghabiskan satu ikan mas pecak, buatan mamah mertua. oh iya ternyata Ikan ini asli dari negara China loh.

Satu Ikan mas sendiri sudah banyak kandungan  seperti Protein (16 g), Energi (86 kkal), Lemak (2 g), Kalsium (20 mg), Fosfor (120 mg), Zat besi (2 mg) dan Vitamin B1 (0,05 mg). dari sekian kandungan yang bermanfaat sudah tentu banyak manfaatnya seperti, merendahkan tekanan darah tingi, meminimalisir penyakit jantung, mencerdaskan otak, membantu pertumbuhan tinggi badan, mencegah kanker, menyehatkan mata dan lain lain.

Kita mulai masak Pecak Ikan Mas.

Bahan dasarnya .

1 Ekor ikan Mas 250gr (cuci bersih kerat bagian tengahnya kemudian goreng hingga matang)

Bumbu-bumbunya

Cabei rawit merah 5 buah
Cabei merah 5 buah
Bawang merah 5 siung
Jahe ½ ruas jari
Terasi bakar
Garam secukupnya
Gula putih secukupnya
Jeruk limo 5 buah

Cara membuatnya

Ulek kasar semua bumbu, setelah selesai siram dengan minyak panas 1 sdm (bekas goreng ikan), kemudian lumuri keseluruh ikan mas yang telah digoreng beri perasan jeruk limo di atasnya. Hidangkan dengan nasi hangat.

pecak ikan mas

Mudah bangetkan buatnya. Mudah-mudahan bermafaat dan jadi menu tambahan sehari-hari di rumah. Jangan lupa ya foloow akun instagran @utie.essen dan @teeadnu terima kasih





Senin, 25 Desember 2017

Resep Sambal Goreng Hati



Assalammualaikum,,,

Hai,, mau masak apa hari ini? Nah,, kebetulan mamang sayur bawa hati ayam dan di rumah ada persedian kentang, di masak yuk “Sambal Goreng Hati” atau biasa disingkat SaGoTi.
Nah,, kalau ulasan kentang sudah pernah saya ulas di resep Balado udang kentang, kali ini sedikit akan mengulas manfaat hati ayam yang katanya sih kolesterol tetapi itu kalau berlebihan makannya dan setiap hari.

Hati ayam mengandung juga vitamin A dan vitamin B. dan manfaatnya, dapat mengurangi stress, mencegal Alzheimer, mendukung kinerja kelenjar tiroid, membentuk sel darah merah, menjaga kesehatan jantung, dan lain-lain. Banyakkan manfaatnya apalagi kalo di konsumsi oleh bumil dan balita, banyak pengaruhnya tentu.

Mulai siapkan bahan-bahanya

Hati ayam 10 buah cuci bersih kemudian rebus, lalu goreng hingga kecoklatan potong sesuai selera
Kentang potong kotak-kotak goreng hingga matang

Bumbunya

Cabei merah 10 buah
Cabei rawit merah 5 buah
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Garam secukupnya
Gula putih secukupnya
Daun salam
Petai 2 papan jika suka
Cabe merah besar 3 buah iris halus.

Cara memasaknya

Ulek/blender semua bumbu kemudian tumis dengan minyak sayur 3 sdm, tambah garam, gula, setelah harum masukkan hati ayam, aduk hingga rata kemudian masukkan kentang  matikan kompor jika menyukai petai campurkan 2 papan petai yang sudah diiris menjadi 2 bagian, masukan irisan cabei merah besar aduk hingga rata, siap dihidangkan,,

sambal goreng hati


Semoga bermanfaatnya, dan menjadi menu tambahan di rumah.
Jangan lupa follow instagran @utie.essen dan @teeadnu terimakasih



Resep Sambal Udang Leunca



Assamualaikum,,,

Ada resep nih ya,, sambal lagi nih , bagi yang belum pernah mencoba buatnya mudah banget “Sambal Udang Leunca”

Udang memang enak banget dijadikan menu apapun nah manfaat udang sudah pernah saya ulas sebelumnya di Balado Udang Kentang, kali ini saya mau sedikit kasih tahu apa sih kegunaan Lenca itu?

Leunca merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer di masyarakat. Leunca memiliki ragam nama yang berbeda pada tiap daerah, seperti bobosa di Maluku, ranti di Jawa. Leunca merupakan tumbuhan yang digolongkan ke dalam jenis umbi-umbian dengan nama latin Solanum Nigrum. Leunca sebenarnya berasal dari Asia Barat dan benua Eropa, namun kemudian meluas melalui negara Malaysia. Akhirnya ke Indonesia

Ada banyak manfaat Leunca antara lain mengobati keputihan, kaligata, mata kering dan infeksi saluran air seni dan lain lian.  Banyakkan manfaatnya selain bisa dimakan sebagai lalapan langsung ada juga di campur dengan oncom nanti saya akan tulis resepnya.

Mulai siapkan bahan-bahannya :

Udang 150gr goreng hingga warna berubah
Leunca 100 gr petik satu-satu dari tangkainya cuci bersih

Bumbunya

Cabei merah 10 buah
Cabei rawit merah 5 buah ( jika suka pedas)
Bawang merah 5 buah
Bawang putih 3 buah
Garam secukupnya
Gula putih secukupnya
Minyak Sayur 3 sdm untuk menumis

Cara memasak

Ulek/Blender semua bumbu hingga halus, kemudian tumis  tambahkan garam, gula setelah harum dan berubah warna agak merah pekat masukkan udang yang telah di goreng aduk kemudian matikan kompor baru tuangkan leunca aduk kembali hingga merata.

(leunca dicampurkan paling akhir agar khasiatnya tetap terjaga dan pada saat dimakan masih terasa kress, kress)

sambal udang leunca


Ok,,, selamat mencoba ya,, semoga menambah jadi menu sehari-hari dirumah.
Jangan lupa follow Instagram @utie.essen dan @teeadnu terima kasih.


Minggu, 24 Desember 2017

Resep Sambal Gandaria



Assamualaikum,,,,

Siapa yang suka sambal?,  pasti semua suka, makan ngga afdol kalau ngga ada sambal pokoknya, Nah kali ini resep saya  “Sambal Gandaria” selain segar juga bikin nambah nafsu makan, kalau sudah ketemu sambal ini jadi lupakan diet karena bakalan ngabisin nasi. Apalagi di makan bareng sayur asam hmm,,, tambah nikmatnya.

Buah gandaria ini sangat mirip dengan buah mangga karena memiliki bentuk bulat kecil. Pohonnya tidak terlalu tinggi, hanya mencapai ketinggian 25 m. Pada saat masih muda, buah gandaria memiliki warna hijau yang pada umumnya menjadi campuran untuk rujak ataupun sambal gandaria. Ketika matang, buah gandaria ini akan memiliki warna kuning dengan rasanya manis agak masam. Banyak sekali kandungan gizi didalam buah gandaria ini.

kandungan nutrisi buah gandaria per 100 gram mengandung nutrisi berupa air, protein, lemak, karbohidrat,  serat, calcium, zat besi,Beta karotin dan vitamin C

Tapi kali ini kita ambil yang masih muda hujau. Kita mulai membuat ya,, tetapi paling enak sambalnya dibuat langsung habis (sekali makan)  kalau mau makan lagi buat sambal yang baru, kalau ngga sempat yah disimpan untuk sore juga ngga apa-apa menurut selera saja.

Bahan-bahannya :

Gandaria 4 – 5 buah cuci bersih
Cabei merah 5 buah
Cabei rawit merah 5 buah
Bawang merah 3 siung
Terasi bakar ½  ruas jari
Garam secukupya
Gula secukupnya

Cara membuat sambal

Ulek  kasar semua bumbu setalah itu masukkan garam, gula terakhir beri gandaria ulek bersama sambal aduk,,, hudangkan dengan nasi hangat

sambal gandaria


Sambalnya terasa pedas segar jadi satu, nikmat pokoknya, selamat mencoba,
Jangan lupa follow instgram @utie.essen dan @teeadnu terimakaih






Resep Balado Udang Kentang



Assamualaikum,,,,

Apa kabar hari ini, semoga selalu sehat ya, hmm,,, masak apa untuk orang terkasih kali ini?, coba resep ini yuk “Balada Udang Kentang”  pasti enak dan bakalan ngabisin nasi.

Bahan dasarnya hanya kentang dan udang, kalau udang pasti sudah tahu salah satu seafood yang dimasak apapun jadi enak. karena banyak kandungan gizinyakan udang sebagai sumber vitamin D, B12, E, B6, A dan C, dan juga sebagai sumber mineral selenium yang sangat penting, kemudian sumber protein karena kadar asam aminonya yang tinggi dan termasuk yang sangant rendah kalorinya, jadi cocok untuk yang sedang diet nih,,,tapi sangat tinggi kandungan omega 3 dan omega 6, cocok untuk anak-anak sedang masa pertumbuhan

Kemudian kentang, kentang yang termasuk umbia-umbian banyak sekali kandungannya seperti Vitamin B kompleks, C, A, Serat,  Mineral, sebagai anti oksidan yaitu quercetin memiliki sifat anti kanker

Kita mulai mempersiapkan bahan-bahannya :

Kentang  500 gr iris kotak kemudian goreng
Udang segar 200 gr goreng hingga berubah warna

Bumbu-bumbunya

Cabei merah 100gr
Bawang merah 7 siung
Bawang putih 4 siung
Daun salam
Garam secukupnya
Minyak sayur  3 sdm untuk menumis

Cara memasak

Ulek/blender semua bumbu kemudian tumis dengan 3 sdm minya sayur + garam setelah harum masukkan udang dan kentang yang sudah di goreng, aduk sebentar matikan kompor. Hidangkan dengan nasi hangat.

balado udang



Mudahkan, sampai jumpa dengan resep saya berikutnya jangan lupa follow Instagram @utie.essen dan @utieadnu terimakasih.

Resep Tumis Kacang Panjang Tempe



Assalamualaikum…

Apa kabar semua, semoga selalu sehat ya,,, mau masa apa hari ini untuk orang terkasih dirumah? ngga mau ribet masak ini aja yuk “Tumis Kacang Panjang Tempe”, masaknya ngga pake lama dan ribet bumbunya pun mudah cuma diiris.

Bahan dasarnya tempe pasti semua suka, mau itu di goreng, di bacem, atau di goreng pakai tepung. Tapi apa sih kandungan tempe itu kedelai yang di pregmentasikan,  kandungan gizinya banyak banget diperkaya dengan vitamin B kompleks vitamin B kompleks, pada dasarnya tempe juga kaya akan vitamin A, D, E dan juga K. Selain vitamin dan asam lemak, tempe juga diperkaya dengan mineral antara lain kalsium, Fe atau zat besi, mangan, zink, fosfor, inositol, magnesium dan lain-lain. Hal lain yang penting dari tempe adalah keberadaan zat anti-oksidan yang populer disebut isoflavon. Zat ini sangat ajaib sebab mampu melawan pengaruh radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

Kalau kacang Panjang  dengan kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gr kacang panjang , maka kacang panjang menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita setiap harinya dan ada vitamin B kompleksnya.


Bahan-bahannya

Tempe 100 gr ( harga Rp 2.000 ) iris memanjang
Kacang Panjang 100 gram iris sepanjang korek api
Teri medan 25 gr

Bumbunya 

Cabai merah 5 buah
Cabei ijo besar 3 buah
Bawang merang 4 siung
Bawang putih 2 siung
Daun salam
Garam secukupnya

Cara memasak

Tumis semua bumbu yang sudah diris  dengan minyak sayur 2 sdm masukkan bawang terlebih dulu setelah harum masukkan cabe, teri medan aduk setelah berubah warna masukkan kacang panjang tunggu setengah layu masukkan garam kemudian tempe aduk sebentar kemudian matikan kompor.

tumis kacang panjang tempe


Mudah bangetkan, kalau memang tidak ada teri medan, tidak apa-apa cukup menumis dengan 2 bahan tempe dan kacang panjang. Selamat mencoba

Sampai jumpa diresep saya berikutnya jangan lupa follow Instagram @utie.essen dan @utieadnu terima kasih.




Resep Gulai Daun Singkong



Assamualaikum,,,,
Apa kabar hari ini ? semoga selalu sehat ya,, kali saya akan berbagi resep rumahan, Gulai Daun Singkong, Daun singkong amat akrab di telinga sebagai salah satu lalapan, di cocol sambel pasti enak, atau dengan memasaknya dengan santan  
Nah kali ini saya akan berbagi resepnya  selain daun singkong digemari karena rasanya yang nikmat, manfaat daun singkong sendiri tidak kalah luar biasa. Berikut ini akan say ulas sedikit  manfaat daun singkong, lebih dekat.
Kandungan Gizi

Kandungan gizi daun Singkong cukup bervariasi, seperti halnya sayuran hijau lainnya, ia juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Berikut adalah beberapa kandungan gizi tinggi dalam daun singkong.
ü  Serat
ü  Vitamin A, B1
ü  Karbohidrat
ü  Asam Amino Essensial
ü  Protein

Manfaat daun singkong sendiri dapat dijadikan rujukan melalui kandungan gizinya, namun telah beredar di masyarakat luas bahwa daun singkong ini sangat cocok untuk berbagai pengobatan serta keluhan penyakit. Beberapa nutrisi berharga, tekandung pada daun singkong seperti vitamin B1, vitamin A, asam amino essensial dan karboidrat. Hal ini tentunya menjadikan manfaat daun singkong sangat baik apabila dikonsumsi sebagai menu harian.
Nah ini resepnya :
Bahan- bahan
Daun singkon 500 gr
Teri Medan 50 gr
Santan dari 1 buah Kelapa

Bumbu-bumbu

Cabai merah 5 buah
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Kemiri 4 buah
Kunyit 1 ruas jari
Jahe ½ ruas jari (geprek)
Lengkoas ½ ruas jari (geprek)
Daun salam 3 lembar
Sereh 1 buah (geprek ujungnya)
Garam secukupnya
Cara memasak
Rebus/ kukus daun singkong kemudian tiriskan iris kasar jika sudah tidak panas
Ulek bumbu (cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit) sampai halus, kemudian tumis bumbi dengan minyak sayur 2 sendok makan, setelah harum masukkan teri medan masak hingga berubah warna lalu masukkan daun singkong, jahe, lengkoas,salam, sereh  garam, aduk-aduk, setelah tercampur semua masukkan santan (kental + encer) kalau saya berbarengan,  masak hingga meletup-letup kemudian matikan api.
Hidangkan dengan nasi hangat + sambal


Mudahkan semoga menambah menu harian ya, sampai berjumpa dengan resep saya selanjutnya.
Jangan lupa untuk follow Instagram @utie.essen or @ utieadnu terimakasih



Smoothie Kiwi

Assalamualaikum Kali ini saya akan membuat Smoothie Kiwi caranya sama halnya dengan smoothie alpukat , Buah ini memiliki bentuk y...